Friday, December 30, 2016

OTOFEB : Calya or Sigra ? Which One Better ?


      Hallo otomotif lovers ! lama tak jumpa ya! hehe... sesuai janji saya, kali ini saya akan memberikan komparasi antara 2 mobil yang sedang hangat diperbincangkan dan mungkin banyak yang minat. yup, apalagi kalau bukan Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra. Sudah hampir 1 semester sejak mobil ini keluar , kali ini saya ingin memberikan sedikit referensi bagi anda yang bingung pilih yang mana ?

Eksterior

     Pertama kita akan bahas eksteriornya dulu. Ini adalah bagian yang penting bagi beberapa orang. dari eksterior sih tergantung selera ya. tapi menurutku eksterior sigra lebih oke karena lebih sangar (Terutama tipe X yang tanpa chrome) . Oya karena saya juga bukan orang yang chrome lover, jadi tampang Sigra X kebawah masih lebih okay dibanding tipe R yang banyak chrome.

Sigra X


     Untuk Calya, tampilannya lebih sederhana . Tapi bukan berarti jelek, tampilan Calya ini terlihat lebih simple . Cocok untuk anda yang mungkin ingin tampil Sederhana tapi okay. But, untuk Calya saya kira lebih baik yang ada chrome biar gak kelihatan sangat sederhana, beda sama sigra yang justru kece kalau gaada chrome.

Calya G 


     Dari samping , gak jauh perbedaannya , Calya G dan Sigra R DLX ( sama - sama tipe tertinggi ) mereka sama - sama memiliki pelek 14" Alloy wheel dan.. Two Tone ! Wow ! Sugoi ! . desain antar keduanya agak berbeda , semua tergantung selera. Saya pilih yang mana? Ahh, dua duanya suka gak jauh sih bedanya wkwk...






     Di belakang mungkin lagi - lagi mirip. tapi disini mungkin sigra dapat membanggakan sedikit dengan adanya hiasan di bawah body berbentuk spoiler yang membuatnya tampil lebih okay. Selain itu juga di Sigra tipe paling mahal, kita mendapatkan muffler cutter yang tidak kita dapatkan pada Calya tipe apapun. Oya , bagi anda yang gasuka hiasan lampu memanjang, anda bisa beli sigra slain tipe R karena tidak disematkan. oya hampir lupa, Sigra juga meningkatkan tampilannya dengan smoke finishing pada lampu yang membuatnya semakin sporty dan dinamis *eaa..


Interior

     Di Interior, secara desain benar - benar sama persis , namun ada yang mencolok disini, yaitu perpaduan warnanya. Toyota Calya mendapatkan perpaduan warna hitam coklat untuk dashboard dan doortrim, dan warna coklat untuk jok. ( Seperti grand new Avanza ) , dan sigra menggunakan warna hitam putih untuk dashboard san doortrim, serta hitam untuk jok. Calya menang menurut saya, karena lebih bagus. 



     Beda eksterior, beda pula Interior . Jika Sigra mendapat banyak kelebihan daripada Calya , di interior berebda. Inilah saatnya Calya membusungkan dada. Misalnya saja , di Calya kita akan mendapatkan jok Isofix, 5 buah headrest adjustable untuk semua tipe ( Untuk Sigra R ada 4 headrest adjustable, untuk tipe X ke bawah hanya 2 headrest adjustable ) . selain itu Calya punya 7 seatbelt 3 titik ! ( Sigra hanya punya 4 seatbelt 3 titik , dan 3 seatbelt 2 titik ) . Pokoknya soal keamanan Interior Calya menang jauh di atas Sigra.

Mesin

     Kedua mobil ini sama - sama memiliki tipe bermesin 1.200 cc 4 Cylinder Dual VVT-i. dengan tenaga 88 ps dan... duh lupa , pokoknya cukup bertenaga. Untuk Sigra , tersedia juga tipe mesin 1000 cc 3 Cylinder Dual VVT-i .


Fitur

     Urusan fitur, kita bahas fitur yang dimiliki mobil ini dibanding LCGC lain dulu. kita gunakan disini adalah tipe tertinggi, Calya G a/t dan Sigra R Deluxe a/t . 

     Untuk sebuah LCGC , kedua mobil ini sudah mendapatkan fitur yang wah, sebut saja rem ABS , Eletric mirror , Bluetooth Audio , jok 3 baris , pelek 14" two tone , Wiper belakang , front arm rest , Dual SRS Airbag, 1.2 L engine , rear air circulator , dsb.

Nah, klo Calya vs Sigra kita bandingkan sekarang! 
     Dibandingkan Sigra calya memiliki kelebihan di bagian fitur keselamatan, sebut saja 5 adjustable headrest, 7 seatbelt 3 titik , dan jok isofix untuk semua tipe. Selain itu Calya punya eletric mirror untuk semua tipe , mulai dari E m/t hingga G a/t . tak hanya eletric mirror, calya juga punya fitur ABS pada semua tipe.

     Untuk fitur keselamatan Sigra , mungkin kalah jauh dibanding Calya, sebut saja ia hanya memiliki 4 headrest adjustable itupun hanya ada pada beberapa tipe, tipe lainnya lebih buruk lagi. selain itu, ABS pada sigra juga hanya ada pada tipe Automatic. Misalnya anda memiliki sigra X std a/t itu sudah ABS, tapi jika anda beli tipe manual mau itu tipe R deluxe pun anda akan mendapatkan mobil tanpa ABS. Bingung yah? ya , begitulah .


Pilihan tipe

Calya

E m/t
E a/t
G m/t
G a/t

Sigra :

1.0 L
D m/t
M m/t

1.2 L
X m/t
X a/t
X deluxe m/t
X deluxe a/t
R m/t
R a/t
R deluxe m/t
R deluxe a/t

Kesimpulan :

     Baik Calya ataupun Sigra mempunyai kelebihan masing - masing. Calya cocok untuk anda yang ingin punya mobil dengan tingkat keamanan yang lebih baik, tapi Sigra tampil lebih maskulin dan harga jauh lebih terjangkau, walau fiturnya kalah jauh dibanng Sigra.




Written by     : Febrian Nashrullah

0 comments:

Post a Comment