Friday, December 30, 2016

FEBRIANime : Review Anime Clannad




     Ohayou Gozaimasu minna-san ! Bahas anime lagi nih, kali ini yang mau kita bahas adalah anime CLANNAD. Jadi jam 9 malam tadi gue baru selesai nonton anime berjudul CLANNAD . Well, anime ini membuat gue benci , tapi juga membuat gue penasaran. Kok bisa?

     Clannad (クラナド Kuranado?) adalah serial anime yang diproduksi oleh Kyoto Animation yang didasarkan dari visual novel buatan KEY. Untuk animenya, sama seperti pendahulunya Kanon (anime) dan Air (anime) dibuat oleh kolaborasi Visual Art's/KEY.
Clannad memulai masa tayang di negara asalnya pada Oktober 2007, dan berakhir pada Maret 2008 dengan 23 episode. Season kedua dari Clannad direncanakan akan memiliki judul Clannad After Story, juga dengan 23 episode yang rencananya akan dirilis pada pertengahan tahun 2008.
- source: wikipedia

Yup, clannad adalah anime bergenre romance, comedy , juga slice of life. Anime ini terdiri dari 2 season, dimana season pertama dinamakan CLANNAD Before Story dan season 2 dinamakan CLANNAD After Story. yup kita bahas satu - satu !





      Saat pertama nonton anime ini gue gak begitu sreg sama penggambaran animenya . Gak jelek , tapi gak sreg aja . mungkin ya karena ini juga anime yang sudah cukup lama ( Jadul ). Tapi gue optimis, mungkin dibalik jadulnya penggambaran anime ini tersimpan cerita yang mantap. Sebenernya gue bukan orang yang mempermasalahkan bagaimana gambar anime itu sih, karena gue sadar diri . tapi kelihatannya beberapa orang memperdulikan itu jadi gue bahas.

     Btw anw busway, sekarang kita bahas ceritanya! cerita awalnya agak mengecewakan sih, bahkan aku sempet mau udahan gak lanjut lagi karena gue nunggu bagian sedihnya. Tapi gue baca - baca review dari beberapa blog, ternyata semua berpendapat sama, bahwa cerita di season 1 terasa hambar dan sedihnya gak dapet. Tapi mereka bilang kalo klimaksnya ada di clannad after story which is season 2 nya. dan apakah begitu?


     Yup, setelah membaca artikel itu gue langsung mau lanjut lagi dan benar saja , aku gak ngeluarin air mata setetespun untuk 1 season ini, terasa hanya menceritakan kehidupan Tomoya (tokoh utamanya) saja. Gue sebenernya sempet ngira bakal  kesentuh sama Tomoya pas gue tau dia broken home, tapi ternyata enggak. Sedikit cerita, Tomoya memiliki hubungan buruk dengan ayahnya sejak ibunya meninggal , ia tidak pernah lagi memperdulikan lagi ayahnya. oya,  OVA pada anime ini hanya hanya membuat bingung saja. Tapi.... lain before story, lain lagi after story.

     Di After story masalah yang muncul pada Tomoya lebih berat dan jauh lebih mengharukan. gue sebenernya PeDe awalnya nonton after story tanpa bawa tissue , karena melihat cerita awalnya gitu, sesedih - sedihnya anime ini gak akan sampe gue nangis. gitu pikir gue waktu itu. tapi, enggak. berbeda sekali dengan season 1 , dimana masalah yang disampaikan ini lebih kompleks dan luas...

     Nantinya Tomoya akan menikah dengan salah satu teman dekatnya , siapa yaaa????... Nah, pokoknya ini diceritakan Tomoya menikah dan selama hubungannya ia menemukan banyak masalah, diamana ia harus kerja keras dengan keterbatasannya demi menghidupi istrinya dan bagaimana ia berkorban mati - matian demi istrinya tercinta. Tapi bukan itu yang bikin gue nangis, Ada hari dimana hari itu adalah hari terburuk bagi Tomoya. Saat itu ia merasakan kebahagiaan dicampur Kesedihan mendalam... Gue nangis gak henti disitu...




     Sedihnya gak sampe disitu aja, setelah hari dimana ia merasa sangat terpuruk itu, awalnya ia hidup senang walau tetap tidak bisa melupakan hari itu. Tapi... hal buruk yang sama menipanya lagi, jadi ia seakan mendapat kesedihan yang terulang lagi, dan ya disaat itu gue banjir gak nahan.

    Tapi setelah hari terpuruk keduanya itu ada 2 episode lagi yang aslinya 23 menit jadi 3 menit karena gue singkat - singkat. gue rasa episode ini gak penting. rasanya lebih baik jika endingnya dipertegas, bukannya mengulang lagi.

Well, ini anime Sangaaaat Recomended. walau cerita awalnya akan terasa hambar, tapi percaya deh After storynya mengejutkan!. Tonton dari season 1 ya biar ngerti, walau hambar gak begitu buruk kok !


Overall 88/100


Written by : Febrian Nashrullah


0 comments:

Post a Comment