Friday, October 7, 2016

OTOFEB : Toyota Calya Experience


       Halo guys, gimana nih kabarnya? Sorry yee belakangan ini gw jarang post karena banyak hal - hal yang menghambat gue untuk bikin artikel. anyways, hari ini gue mau nyeritain Experience ( Pengalaman ) gue naik Toyota Calya, itu loh LCGC 7 Seater pesaing Datsun Ayo+ panca.


       Ceritanya beberapa minggu lalu gue mau pulang dari rumah sodara, karena hujan dan gak ada yang mau nganterin gue (Watir) terpaksa gue harus naik taksi, dan gue memesan taksi online ( Gak resmi pastinya ) dan gue dapet Toyota Calya. Pucuk dicinta ulam pun tiba, jadilah gue terinspirasi untuk buat artikel tentang Toyota Calya setelah sebelumnya bingung mau masukin artikel apa.

Anyways, Toyota Calya yang gue dapet adalah Calya tipe 1.2 E M/T Dual VVT-i yang tipe paling murah ya gan...


1. Jok



       Pertama kali gue duduk , langsung terasa jok yang hmm.... Keras. Seperti kakaknya , GN. Avanza jok mobil ini terasa agak keras dan kurang nyaman , ditambah lagi paha gue yang gak tertopang dengan baik seperti pada beberapa mobil jepun lainnya.








2. Suspensi

       Untunglah jok seperti itu ditolelir dengan suspensi yang ... gabisa dibilang nyaman , tapi untuk sebuah LCGC ini adalah suspensi yang sangat layak diterapkan. Ada yang penah naik Grand New Avanza? Begitulah kira - kira rasa suspensinya , dan jika dibandingkan dengan Avanza ALL NEW , suspensi mobil ini masih jauh lebih nyaman daripada versi ALL NEW mobil sejuta umat itu, well suspensi mobil ini cukup empuk untuk sebuah mobil <150 jeti. Dilansir dari situs otomotip paporit gw, Autonetmagz.com , Handling mobil ini juga masih lebih baik jika dibandingkan dengan Avanza apalagi Gaya , ehh Agya.

3. Kekedapan

        Kekedapan mobil ini juga terhitung sangat baik untuk mobil harga segini, emang sih gue gak nyoba dengan kecepatan >60 km/h , tapi gue rasa kekedapan mobil ini dari suara kolong dan suara luar sangat baik untuk mobil harga segini , even kalo dibandingin sama Mobilbrio , ehh Mobilio. rasanya kalo kena jalan rusak / berlubang , suara ban gak begitu terdengar ke dalam. masih jauh lebih baik dibandingkan dengan Gaya ataupun Avanza gen 1 ( 2003 - 2011 ) .

4. Fasilitas


 













        Nah , ini salah satu yang paling gua suka dari Calya. Meski gua coba tipe termurah , tapi fasilitas yang gua dapet gak murahan , mulai dari Seatbelt 3 titik untuk full 7 Seater, Isofix and Tether di jok baris ke 2 , Rear Air circulator ( Bakal gua bahas di no 5 ) , HU 2 din , Power outlet baris ke2 , Dual SRS Airbag , eletric mirror , Velg alloy two tone 14",  handle luar model tarik , one touch tumble , dan wiper belakang lengkap dengan intemittent .
Gambar Di Saming merupakan Contoh seatbelt tengah 3 titik milik Calya.


Power Outlet Baris ke 2 ->  


Minusnya ,  jok paling depan masih dapet headrest nyatu dengan jok ( Model Pocong ) jadi total headrest adjudtable di mobil ini ada 5. Minusnya lagi , absennya double blower yang gua idam - idamkan . Sebagai pengganti Toyota ngasih kita Rear air Circulator. hmmm..... makhluk apa itu? Mari kita bahas !





5. Rear Air Circulator

       Masih asing dengan nama ini? , yup gue jelaskan . Ini adalah Double blower, tapi double blower ini lain daripada yang lain, mengapa? karena tanpa Evaporator. jadi secara kasar bisa kita sebutkan Kipas Angin Belakang. So, apakah Kipas Angin Belakang , atau nama kerennya Rear air Circulator ini berguna ? well, ya Sangat berguna , gue disini gak bandingin sama db blwr asli kaya yang punya AVZ , Erti , Lio atw mobil lainnya. tapi gue bandingin sama datgo , yang sama sekali gak punya pendingin belakang. jauh lebih mending diadain RAC ini daripada tidak ada sama sekali. Minusnya, RAC ini jika dinyalakan mengeuarkan suara yang berisik, walaupun dinyalakan paling pelan.



5B. Kenapa gak Double blower?

       Mesin mobil ini 1200 cc 4 Cyl 2 VVT-i , 80+ hp - an . jadi klo dipasang db blwr , mungkin akan semakin mengebiri tenaga mesinnya yang memang gak bisa dibilang kenceng. oya , gue gak kebayang ama Xenia M, Jauh lebih berat dari Calya, mesin hanya 1000cc 3 cyl, tapi dikasih db blwr, hmmm... gimana tuh ya tenaganya? Ada yang punya / pernah coba? Boleh Share disini !


Kesimpulan

       Toyota Calya adalah mobil yang cukup worth it untuk dibeli.dengan harga 130 juta -an , apa yang kita dapatkan sudah lebuh dari cukup, nambah dikit dari LCGC 5 seater tapi kita dapat fasilitas jauh lebih banyak dan lebih baik.

What I like :
- Fasilitas / Fitur
- Suspensi
- Kekedapan
- Mesin
- RAC

What I don't :
- Body tipis
- Jok kurang nyaman
- Suara RAC berisik
- Jok depan model pocong.

 Wait,,, Calya Punya kembaran nih dari Duitsaha, ehh.. daihatsu, Namanya.... Daihatsu Sigra . hmm... mening mana ya? Nantikan ulasannya !

More Toyota Calya Picture:







Thanks yaa udh ngunjungin , Don't forget to follow and share artikel di blog ini , see ya !


Written by : Febrian Nashrullah
Instagram  : @Febriannashrull
Email         : Febrian031318@gmail.com



0 comments:

Post a Comment