Sunday, October 23, 2016

Anime Review : Tokyo Magnitude 8.0

      Hallo Minna-san, bertemu lagi dengan akuh, Febrian dan kali ini seperti biasa, kalo ada kata - kata minna - san pasti aja soal jepang, terutama anime. yup, kali ini aku mau Review anime lagi nih, gak spoiler kok pokoknya.


      Jadi ceritanya rumahku baru dipasang wifi , wifinya dari Indosat GIG Fiber. So, hampir semua kegiatan blog ini mulai hari ini dibantu oleh Indosat. Oya, kembali ke lep...top... . Nah, jadi berhubung wifi baru dan berhubung aku baru aja nonton anime Sakurasou No Pet No Kanjoo yang genrenya comedy , romance, dan sedih gitu. Aku iseng search "Anime paling sedih". Ketemu artikel di http://bindercerita.blogspot.co.id .


      Di blog itu dibahas tentang 7 anime paling sedih versi author. nah, ada beberapa anime sedih banyaknya tentang romance dan ep nya banyak. Sampe aku ketemu Tokyo Magnitude 8.0. Ceritanya bkn tentang percintaan remaja gitu, yang ini beda.




      Jadi , anime ini hanya dibangun oleh 11 episode , cukup sedikit mengingat biasanya lebih dari 13 episode, atau bahkan ada yang 2 season.


The Story

      Anime ini menceritakan tentang gempa yang melanda Tokyo, jepang berkekuatan 8.0 SR . Usut punya usut , katanya anime ini mengambil inspirasi dari prediksi gempa di tokyo berkekuattan sekitar 8.0 SR .

     
      Jadi ceritanya gini , ada sepasang Kakak beradik, bernama Mirai Onozawa (小野沢 未来 Onozawa Mirai) dan Yūki Onozawa    (小野沢 悠貴 Onozawa Yūki) . Mereka pergi ke jembatan tokyo untuk melihan pameran robotik. Ini adalah keinginan dari Yuuki , sebelumnya yuuki meminta kepada ibunya namun, ibunya menolak karena pekerjaan dan menyuruh Mirai, kakaknya Yuuki untuk mengantar Yuuki. Dengan terpaksa, Mirai mengantarnya. Mirai sangat kesal kepada orangtuanya karena selalu mementingkan pekerjaan dan terlihat tidak perduli kepadanya. Ia juga kesal kepada adiknya karena meminta hal ini.

Mirai:

Yuuki :



      Akhirnya mereka pun sampai di Pameran robotik , dan Mirai memotret yuuki di pameran tersebut. saat ingin pulang yuuki mengajak Mirai pergi ke toko dan membeli hadiah ulang tahun untuk ibunya. Mirai awalnya marah, ia pikir untuk apa memperdulikan ibunya sedangkan ibunya tak memperdulikannya, namun akhirnya mereka pun membelinya. Disana mereka bertemu tokoh yang bernama  Mari Kusakabe (日下部 真理 Kusakabe Mari). Apa hubungan tokoh ini? pantengin alinea selanjutnya!







      Setelah membeli hadiah, yuuki pergi ke toilet dan bilang bahwa ia akan membelikan kakaknya minum. kakaknya ( Mirai ) menunggu di luar . Suasana berubah, dengan sangat tiba - tiba gempa bumi berkekuatan 8.0 SR melanda Tokyo dan berhasil menghancurkan gedung - gedung di sekitarnya termasuk gedung yang sedang ada yuuki di dalamnya. Mirai bertemu lagi dengan Mari, dan Mari membantu Mirai mencari adiknya hingga akhirnya ketemu, upss... little spoiler. 


      Pokoknya mereka berjuang terus dari gempa - gempa susulan yang datang tiba - tiba dan juga dari reruntuhan gedung - gedung dan bangunan - bangunan di sekitarnya. Mereka bertiga juga mencari anggota keluarganya, Mirai dan yuuki mencari orangtuanya, dan Mari mencari Anaknya dan ibunya. Anyways, mereka terus berjuang sampai akhirnya Mirai sadar dan tahu bahwa adiknya......... umm nonton aja dah. 


THE REVIEW 

      Anime ini sangat Recomended buat ditonton oleh semua kalangan . mulai dari bayi bau darah, sampai aki - aki bau tanah. Why? Karena di Anime ini fokus ke cerita dan mencoba membuat penonton tertarik oleh ceritanya, bukan gambar animenya. Maksud bukan dari gambarnya adalah tokoh - tokoh dalam anime ini wajahnya gak dibuat sangat cantik ataupun sexy. jadi gaada unsur "Hentai atau Pornografi" di dalamnya . Gambar dari chara nya emg gak menarik, yang menarik adalah bagaimana sang animator menggambarkan gempa seakan - akan sungguhan, tatapan dari tiap tokohnya membuat gue lebih bisa meresapi rasa sedih, senang , dan marahnya dari tiap Chara. 


      Selain itu, pesan yang disampaikan dalam anime ini sangat luar biasa, pesannya adalah hargai keluarga, hargai saudara, hargai orang lain , saling bekerjasamalah, dsb. banyak pokoknya yang bisa kita ambil dari anime ini dari ceritanya. walaupun hanya 11 episode, rasanya anime ini sangat memberikan motivasi kepada kita dan berhasil membuat aku nangis. Pokoknya pesan yang mau disampaikan masuk banget deh , berhasil menggetarkan emosi para penontonnya termasuk gw. 

Very Recomended. Tanpa sesuatu yang dapat merusakk anak kecil, anime ini tetap menarik. GOOD JOB!

Family Photo:





Written By:
Febrian Nashrullah
line : @febriann1523
Email : Febrian031318@gmail.com

Thanks to:
- Indosat WIFI
- Tokyo Magnitude 8.0 anime
- Wikipedia
- Google 


4 comments: